Perancangan dan Implementasi Aplikasi Point of Sales Mz Comunica Berbasis Customer Relationship Management (Studi Kasus Perusahaan Perseorangan Mz Comunica)

  • Budi Sukmawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dharma Negara Business & Informatics School
  • Iwan Ridwan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dharma Negara Business & Informatics School
  • Rizal Hasan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dharma Negara Business & Informatics School

Abstract

Perkembangan dunia bisnis mendorong perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kepada pelanggan. Customer Relationship Management atau disingkat CRM merupakan salah satu cara dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan korporatnya dalam hal efisiensi, efektivitas, kinerja, serta pengembangan bisnis sehingga terciptanya pelanggan yang loyal terhadap produk. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan analisis dan perancangan aplikasi Point Of Sales  MZ Comunica berbasis Customer Relationship Management untuk mendukung sistem layanan dalam transaksi penjualan yang dapat membantu perusahaan perseorangan MZ Comunica dalam pengelolaan data. Pembuatan aplikasi Point Of Sales  MZ Comunica ini dimulai dari pengumpulan seluruh data-data yang dibutuhkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, perancangan model aplikasi dengan pendekatan diagram berbasis obyek dengan alat bantu perancangan aplikasi berupa diagram alir / flowchart dan Unified Modeling Language (UML) hingga diimplementasikannya aplikasi Point Of Sales  MZ Comunica.

Published
2018-12-31
How to Cite
SUKMAWAN, Budi; RIDWAN, Iwan; HASAN, Rizal. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Point of Sales Mz Comunica Berbasis Customer Relationship Management (Studi Kasus Perusahaan Perseorangan Mz Comunica). Jurnal Informatika Dharma Negara, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-24, dec. 2018. ISSN 2656-4017. Available at: <http://jidan.stmikdharmanegara.ac.id/index.php/jidan/article/view/13>. Date accessed: 19 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.6868/jidan.v1i1.13.